News

Market Day SDIT Fitrah Hanniah

Market Day

Waaw hari berjualan, kegiatan seru yang selalu ditunggu para siswa di SDIT Fitrah Hanniah. Bagaimana tidak ditunggu, lha wong seru kok. Semua anak secara berkelompok akan memulainya dengan menggosok idea dulu makanan apa yang akan dibuat dan dijual nantinya.

Biasanya idea banyak muncul ketika anak-anak sudah brainstorming untuk menentukan makanan yang dijual, seperti yang terjadi di level 4 pekan ini.
Karena temanya makanan Nusantara, maka sate Madura, pecel. Martabak manis, es sarang burung, es teh dan makanan khas yang disukai anak-anak muncul. Kemudian setelah diputuskan makanan yang akan dijual dengan berapa harganya, anak-anak membuat poster menu untuk promosi, undangan untuk hadir di Market Day yang akan disebar ke guru-guru dan orang tuanya.

Keesokan harinya anak-anak menyebar ke kelas-kelas dan ruangan untuk mempromosikan jualannya. Disinilah anak-anak dilatih untuk berbicara didepan publik .. wuiiih butuh keberanian lho untuk bisa berbicara dan mempromosikan produk nya. Semua anak akan tertantang dan mencoba berbicara. Yang tadinya pendiam pun akhirnya berani angkat suara karena punya semangat agar jualannya laku.

Mereka akan dengan sabar mencatat satu persatu pesanan dari warga sekolah, bahkan ada yang menyediakan jasa delivery order lhoo .. makanan jika sudah siap segera diantar dan pembeli tidak perlu repot-repot ke lapaknya, sudah tinggal bayar dan makan dech. Wadah kotornya pun akan diambil oleh anak-anak jadi pembeli tidak perlu repot mengembalikan wadah kotornya. Oh iya di Market Day kami semua pembeli wajib membawa wadahnya sendiri sebagai upaya untuk mengurangi sampah di sekolah kita.

Di Malam hari sebelum hari penjualan secara berkelompok anak-anak mengolah makanan yang akan dijual besok. Mulai berbelanja (untuk bagian yang ini dibantu mama masing-masing sih 🤭), merajang, memotong, mengolah, memasaknya sampai mengemas.
Dari video yang dikirim orang tua .. waah serru sekali melihat kerja Meraka. Sebuah pengalaman yang berharga dan menyenangkan yang tidak akan terlupakan sampai mereka dewasa kelak.

Jreng .. jreng .. tiba di hari yang ditunggu anak-anak datang pagi dengan busana Nusantara bersemangat menyiapkan lapaknya .. cie lapak .. stand dong lebih tepatnya 😁. Semua sibuk bekerja menyiapkan segala sesuatu untuk menarik pembeli. Disini anak-anak diasah kerjasama dan kreatifitas. Proses demi proses dilalui dengan penuh kesenangan. Belajar dengan happy yang menjaminkan pengalaman belajar yang akan masuk ke long term memory nya.

Setelah berjualan mereka akan segera menghitung laba dan rugi dan membuat laporan nya. Sebuah pengalaman belajar realistik yang berharga bukan, tidak hanya sekedar teori yang akan segera dilupakan.

Biidznillah semoga anak-anak kelak belajar menjadi pengusaha muslim yang sukses.
Aamiin

Leave a comment

CLOSE
CLOSE