News

Marhaban Yaa Ramadhan

Dalam menyambut bulan suci Ramadhan suka cita dirasakan umat muslim di seluruh dunia, tak terkecuali di negara kita Indonesia. Banyak tradisi yang dilakukan untuk menyambut bulan yg penuh berkah itu, salah satunya adalah tradisi pawai obor. Pawai obor sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Hampir setiap tahunnya, pada momen-momen tertentu, pawai obor selalu dilaksanakan. Terutama saat menjelang Ramadhan. Seperti di Kelurahan Wanasari, ratusan siswa tumpah ruah ke jalanan melaksanakan pawai obor. Kegiatan tersebut melibatkan para siswa, wali murid, guru, dan warga sekitarnya. Tak hanya membawa obor, hampir sepanjang jalan warga membacakan syalawat.

Awalnya, peserta pawai obor berkumpul di SDIT Fitrah Hanniah untuk mendengarkan ceramah keagamaan yang dipandu oleh tokoh agama, Ustad. Zainal Mutaqin dan dilanjutkan dengan melakukan doa bersama. Selanjutnya pengarahan dari Ketua Pelaksana, bunda Susi Susanti selaku kepala sekolah SDIT Fitrah Hanniah. Kemudian dilakukan dengan pawai obor yang dimulai dari halaman sekolah menuju perumahan Regensi 1 Cibitung.

Kepala Sekolah SDIT Fitrah Hanniah, bunda Susi Susanti mengatakan, pawai obor akan menjadi agenda tahunan bagi siswanya, terutama menjelang bulan Ramadhan. “Kegiatan pawai obor ini guna menunjukkan kebesaran umat muslim sekaligus menyambut datangnya Ramadhan 1439 H,” ungkap bunda Susi Susanti, kemarin. Selain itu, kata bunda Susi Susanti, pawai obor bertujuan sebagai ajang silaturahmi antar siswa, wali murid dan warga sekitar. Tak heran jika kegiatan ini akan rutin dilakukan siswa SDIT Fitrah Hanniah setiap memasuki bulan Ramadhan.

“Bulan suci Ramadhan ini adalah bulan yang penuh ampunan, sekaligus perjuangan umat Islam melawan hawa nafsu saat kita berpuasa menahan rasa lapar dan haus,” kata bunda Anis pengajar SDIT Fitrah Hanniah. Pawai Obor itu maksud nya apa? Api obor merupakan perlambang cahaya ilmu yang akan menerangi perjalanan hidup dunia dan akhirat, atau makna lain yang intinya terkait cahaya yang menerangi gelap. Sedangkan pawai merupakan simbol eratnya kekeluargaan dan silaturahmi warga dan wadah komunikasi. Manfaatnya apa? banyak yang akan dipelajari dari kegiatan pawai obor ini, berjalan beriringan dengan tertib membaca shalawat sambil memegang obor yang memiliki risiko akan mengajarkan disiplin, tanggung jawab, saling menjaga, membantu menghidupkan kembali obor kawannya yang padam. Bukan hura-hura yang hendak dicapai dari kegiatan ini.

Pawai obor menjadi pilihan karena sudah dikenal baik maksud dan tujuan serta pelaksanaannya sehingga warga dan para orang tua tidak memandang hal ini sebagai sesuatu yang unik, hanya saja memang sudah jarang sekali dilakukan baik saat awal ramadhan ataupun muharram seperti saat ini. Gema takbir dan iringan shalawat nabi mewarnai arak-arakan umat Islam yang berpakaian serba putih itu. Pawai obor tidak hanya sebagai tradisi menyambut Ramadhan tapi juga menjalin tali silaturrahmi, dan juga ada nilai hiburan di samping ibadah. Semakin jauh berjalan melewati keramaian ibu kota dan lebih semarak lagi bila bertemu dengan rombongan pawai obor yg lain juga. Gemerlap lampu di jalan dan semaraknya nyala obor dari pawai itu menambah indahnya suasana silaturrahmi ukhuwah islamiyah.

Leave a comment

CLOSE
CLOSE